ANALISIS MODEL DAKWAH KEISLAMAN PADA USAHA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI PT. JATINOM INDAH DI DESA JATINOM, KECAMATAN KANIGORO, KABUPATEN BLITAR, JAWA TIMUR)

Abstract

Penelitian  ini dilatar belakangi keberadaan perusahaan yang memiliki dampak positif terhadap masyarakat dan masuk kategori pemberdaya masyarakat. Bentuk usaha yang sudah PT membuat ruang lingkup dan eksistensi usaha ini besar. Dalam aktifitas usaha PT.Jatinom Indah memiliki fokus di bidang peternakan khususnya ayam. Saat ini mulai berkembang dibidang lain seperti pariwisata, sawit, properti, dan rumah potong hewan. Aktifitas usaha membutuhkan banyak karyawan. Penyerapan tenaga kerja masuk pada kategori pemberdayaan masyarakat, ditunjang program pelatihan pengembangan SDM. Dalam pengelolaan usaha dan SDM banyak nilai-nilai islam teridentifikasi diimplementasikan. Seperti pengajian rutin, persyaratan karyawan muslim, santunan, program mengaji, dan pendirian lembaga pengelolaan dana sosial. Metode penelitian dengan  pendekatan kualitatif diskriptif, lokasi studi kasus terfokus pada PT.Jatinom Indah, jenis data yaitu primer dan sekunder. Metode pengumpulan data wawancara dan studi pustaka. Dan metode analisis data yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pembahasan dalam penelitian ini terfokus pada analisis model dakwah keislaman yang terdapat dalam aktifitas pemberdayaan masyarakat di PT.Jatinom Indah, selanjutnya akan dipetakan dan dibahas secara rinci pada setiap kegiatan dalam perusahaan yang mengandung dakwah keislaman tersebut dengan teori dakwah dalam aktifitas ekonomi. Dengan adanya gambaran model dakwah bisa menjadi acuan untuk usaha lain, harapannya manfaat kepada masyarakat tidak hanya dalam bentuk materi tetapi bekal kerohanian.