Konsep Perencanaan Investasi pada Saham Syariah di Era Milenial

Abstract

Langkah-langkah dalam berinvestasi sangat diperlukan sebagai bahan acuan awal bagi calon investor dan investor pemula sebelum mereka memutuskan untuk berinvestasi. Seiring berjalannya waktu, di saat teknologi dan berbagai instrumen pengembangan ekonomi saling bersinergi  dalam percepatan pembangunan, di jaman milenial ini, banyak industri perusahaan yang membidik investor-investor dari masyarakat kalangan muda untuk dijadikan sumber modal perusahaannya melalui pasar modal.Pasar modal dengan instrumen investasi syariah adalah kegiatan di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal dan merupakan bagian dari industri pasar modal Indonesia. prinsip syariah di pasar modal berdasarkan ketetapan al-Qur’an dan Hadits yang mengatur ibadah dan aktivitas manusia dalam urusan muamalah yang kemudian diatur dalam fiqh. Saham syariah merupakan surat berharga yang mempresentasikan penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan (Sutedi, 2011: 4). Beberapa hal seperti pengetahuan tentang investasi akan ilmu-ilmu yang terkait  butuh  diperdalam  agar  kegiatan  investasi  yang  kita  kerjakan bernilai ibadah, mendapatkan kepuasan batin serta keberkahan di dunia dan akhirat (Sakinah, 2014). Investasi memiliki dua sisi yang saling bertolak belakang yaitu return dan risk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi  literatur dengan sumber data yaitu data sekunder yang diperoleh dari penelitian-penelitian terdahulu, dan sumber referensi lainnya.Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui oleh para calon investor. Terutama investor dari kalangan masyarakat milenial terkait dengan perencanaan dan manajemen investasi pada saham syariah (Mardhiah, 2015). Hal ini menuntut para investor untuk mengetahui batasan-batasan dan aturan investasi dalam Islam, baik dari sisi proses, tujuan, objek dan dampak investasinya (Pardiansyah, 2017). Penilaian saham tersebut dilakukan melalui analisis rasio. Menurut  Kasmir  (2013: 115)  rasio  penilaian  yaitu  rasio  yang memberikan  ukuran  kemampuan manajemen  menciptakan  nilai  pasar yang usahanya di atas biaya investasi.