Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia

Abstract

Tujuan paper ini dibuat untuk mengetahui etika bisnis dalam perspektif ekonomi islam secara teoritik dan empiris. Penggunaan kajian penelitian sebelumnya serta pengambilan teori dari berbagai referensi menjadikan penelitian ini menarik untuk disusun. Untuk metode penelitian, pendekatan kualitatif kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Metode yang digunakan kajian kepustakaan. Studi analisis sumber bukti baik kualitatifdan  studi komparasi hasil penelitian terdahulu serta artikel-artikel di media masa yang terkait dengan pembahasan. Dari data-data yang diperoleh kemudian disusun berdasarkan aturan dan analisis yang sesuai dengan kaidah penulisan sehingga mempermudah pembahasan masalah-masalah yang ada. metode analisis data yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil paper ini ialah Secara  teoritis konsep etika dalam bisnis secara perspektif ekonomi islam jika dilihat memiliki karakteristik yang kuat dan positif jika dilakukan, selain itu tuntunan yang diberikan untuk menjadi seorang pengusaha yang baik sudah jelas adanya dan bersumber langsung dari Al-Qur;an dan Al-Hadist. Dalam praktek empirisnya beberapa penelitian tentang penerapan etika bisnis dalam bisnis sudah sesuai dan baik, dampaknya terhadap usahanya pun baik. jadi etika bisnis islam sudah teruji dan membawa kemaslahatan jika diterapkan dengan baik.