TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM) SEBAGAI MANAJEMEN MUTU ALTERNATIF PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Abstract

Total Quality Manajement (TQM), yang pada mulanya adalah salah satu manajemen mutu yang diterapkan di perusahaan, merupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untuk mencapai tingkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Program studi Pendidikan Bahasa Arab (prodi PBA) memerlukan suatu manajemen mutu pendidikan yang menjamin pelanggan atau stake holdernya ‘puas’. Tulisan ini menawarkan TQM sebagai alternatif manajemen mutu yang bisa diterapkan di prodi PBA. TQM mempunyai empat unsur pokok yang bisa ditemukan dan diterapkan juga pada prodi PBA yaitu: pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. TQM juga mempunyai dua standar mutu yang bisa diimplementasikan pada prodi PBA yaitu (1) standar produk atau jasa (quality in fact), yaitu: kesesuain dengan spesifikasi; keseuaian dengan tujuan dan manfaat; tanpa cacat (zero defects); dan selalu baik sejak awal, dan (2) standar Pelanggan (quality in perception), yaitu: kepuasan pelanggan; memenuhi kebutuhan pelanggan; dan menyenangkan pelanggan.