Pemanfaatan Human Organization Technology-Net Benefit untuk Mengukur Sistem Informasi E-Ticketing pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO)

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) perlu mengembangkan sistem yang menunjang proses penjualan tiket secara elektronik (e-ticketing), karena meskipun penggunaannya sudah relatif tinggi namun masih terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini menganalisis keberhasilan penggunaan sistem e-ticketing Rail Ticket System (RTS) pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Divisi Regional III Palembang dengan menggunakan Human, Organization, Technology (HOT) Fit Model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antar variabel human, organization, technology, dan net benefit serta kesesuaian di antaranya. Hasil evaluasi dari penelitian ini yang menggunakan sampel 15 responden menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi e-ticketing sudah sangat tepat serta telah memberikan hasil yang positif terbukti dengan nilai uji korelasi dari nilai masing-masing variabel yaitu teknologi berpengaruh positif terhadap manusia dengan tingkat korelasi 0,952. Teknologi berpengaruh positif terhadap organisasi dengan tingkat korelasi 0,883. Manusia berpengaruh positif terhadap organisasi dengan tingkat korelasi 0,913. Dan manusia serta organisasi berpengaruh positif terhadap net benefit dengan masing-masing tingkat korelasi 0,868 dan 0,848. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem informasi Rail Ticket System (RTS) berhasil dimanfaatkan.