Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan harus menghasilkan lulusan yang mampu bersaing agar memberikan dampak yang besar bagi bangsa dan negara. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang merupakan perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi knowledge management. Melalui paradigma baru saling berbagi pengetahuan, menangkap pengetahuan, mencipta pengetahuan baru, dan memori pengetahuan organisasi yang dimiliki perguruan tinggi setiap waktu seharusnya menjadi trigger kreativitas dan inovasi dari mahasiswa untuk berprestasi. Responden penelitian berjumlah 205 orang dari Fakultas Sains dan Teknologi, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Syariah dan Hukum. Variabel eksogen yaitu Personal Learning, Job Procedure, Learning Organization, dan Technology, sedangkan variabel endogen yaitu Learning Creativity, dan Learning Achievement. Tools yang digunakan aplikasi AMOS (Analysis of Moment Structure) diolah menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) dengan penghapusan mahalanobis (Outlier) pada model struktural dievaluasi dan diperoleh goodness of fit setelah modifikasi model. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kreativitas Belajar dipengaruhi sangat kuat oleh Job Procedure, Learning Organization, dan Technology. Personal Learning sama sekali tidak mempengaruhi Learning Creativity. Tetapi Learning Creativity sangat kuat mempengaruhi Learning Achievement.