Pola Pengembangan Pendidikan Anak Berbakat
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Anak berbakat merasa bahwa minat dan gagasan mereka seiring berbeda dari teman sebaya, hal ini dapat membuat Anak berbakat terisolasi, merasa dirinya “lain dari pada yang lain”, sehingga tidak jarang Anak berbakat membentuk konsep diri yang negatif. Bagaimanapun anak berbakat adalah pertama-tama seorang anak, dan baru pada tempat kedua Anak adalah berbakat. Jika kebutuhan anak berbakat di pertimbangkan, dan dirancang program untuk memenuhi kebutuhan pendidikan sejak awal, maka akan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam prestasi, sehingga tumbuh rasa kompetensi dan ras harga diri. Dengan program khusus Anak berbakat belajar untuk bekerja lebih efesien, dapat mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dengan baik dan mampu melihat solusi dari berbagi sudut pandang. Anak berbakat dapat menggunakan pengetahuan mereka sebagai latar belakang untuk belajar tanpa batas.