PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MEDIA KOMPUTER MODEL TUTORIAL INTERAKTIF PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X-6

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran berbasis komputer model tutorial interaktif pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan proses pembelajaran pada penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri dari tujuh kali pertemuan dengan enam rencana pembelajaran. Selama satu siklus dilakukan pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan dilakukan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai acuan untuk menyempurnakan tindakan pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan analisis peneliti dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis komputer model tutorial interaktif pada materi trigonometri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bangkinang Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar Semester Genap tahun pembelajaran 2016 / 2017.