PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI 018 LANGGINI
Abstract
Berdasarkan pengamatandi kelas III di SD Negeri 018 Langgini Bangkinang, pengusaan siswa terhadap pelajaran matematika masih tergolong rendah, ini disebabkan guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan hanya mementingkan hasil akhir, guru menjadi pusat informasi sehingga siswa menjadi kurang aktif dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Dapat dilihat dari hasil ulangan harian diperoleh hasil pembelajaran yang tidak tuntas.Untuk itu perlu diadakan penelitian pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Dalam pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) menekankan akan pentingnya konteksnya yang dikenal dan prosenkostruksi pengetahuan matematika oleh siswa sendiri. Penelitian ini berbentuk penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 018 Langgini pada materi keliling persegi dan persegi panjang. Berdasarkan data yang diperoleh pada prasiklus didapat persentase ketuntasan klasikal 35,29%, pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 67,65% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,24%. Ini bahwa penerapan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 018 Langgini.