PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 RUMBIO JAYA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). yang bertujuan untuk melihat pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Data penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji t untuk hipotesis 1,2, uji t’ untuk hipotesis 3 dan uji anava dua arah untuk hipotesis 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa yang diajar pembelajaran konvensional. (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajar pembelajaran konvensional. (3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajarmelalui pembelajaran konvensional (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa