Kreativitas Siswa Produk Kurikulum 2013

Abstract

ABSTRAK Kurikulum merupakan jawaban pendidikan akan tantangan abad 21. Salah satu keterampilan yang perlu diasah untuk menghadapi abad 21 adalah kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pencapaian kreativitas dari pelaksanaan kurikulum 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas XII yang telah mengalami kurikulum 2013 selama periode kurang lebih 5 tahun (dari kelas VII sampai XII). Analisis hasil tes kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal mengenai pola menunjukan bahwa untuk aspek kelancaran, setiap subjek memenuhi dengan 8,3% subjek memliki tingkat kelancaran yang lebih baik disbanding subjek lainnya. Pada aspek kelenturan, tidak semua subjek memenuhi, namun sebagian (50%) subjek memenuhi aspek kelenturan. Pada aspek kebaharuan, setiap subjek memenuhi dengan 8,3% subjek memiliki tingkat kebaharuan yang lebih baik dari subjek lainnya. Adapun pada aspek penguraian, setiap subjek memenuhi aspek penguraian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan subjek pada kurikulum 2013 termasuk dalam kategori kreatif. Kata kunci: Kreativitas, Kurikulum 2013 ABSTRACT The curriculum is the answer to education for the challenges of the 21st century. One of the skills that needs to be honed to face the 21st century is creativity. This study aims to see the creativity achievement of the 2013 curriculum implementation. The subjects in this study were 12 students of class XII who had experienced the 2013 curriculum for a period of approximately 5 years (from grades VII to XII). Analysis of the results of tests of students' creativity in solving questions about patterns shows that for aspects of fluency, each subject fulfills 8.3% of subjects having a better level of fluency than other subjects. In the aspect of flexibility, not all subjects meet, but some (50%) subjects meet the aspect of flexibility. In the aspect of renewal, each subject fulfills 8.3% of subjects having a better level of renewal than other subjects. As for the decomposition aspect, each subject fulfills the decomposition aspect. Based on these results it can be concluded that overall the subjects in the 2013 curriculum are included in the creative category. Keywords: Creativity, Curriculum 2013