EVALUASI Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Tahap Perencanaan Dalam Pembelajaran Matematika SMA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy model) yang bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika SMA. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Negeri kelas XI. Berdasarkan jenis data yang akan dikumpulkan  dan sumber datanya, maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif dan teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMA berupa perangkat pembelajaran silabus yaitu perumusan indikator memperoleh hasil 87,5%, pemilihan materi memperoleh hasil 75%, pengembangan kegiatan memperoleh hasil 91,7%, alokasi waktu memperoleh hasil 75%, sumber belajar memperoleh hasil 76,4%  dan penilaian memperoleh hasil 76,4%, sedangkan RPP  dalam implementasi kurikulum untuk komponen perumusan indikator memperoleh hasil 75,2%, perumusan tujuan memperoleh hasil 64,3%, pemilihan materi memperoleh hasil 75,4%, pemilihan sumber memperoleh hasil 68,3%, pemilihan media memperoleh hasil76,3%, model pembelajaran memperoleh hasil 80,1%, skenario pembelajaran memperoleh hasil 68,8%, penilaian memperoleh hasil 62,9%. Sebagaimana yang terdapat pada setiap komponen-komponen pada silabus dan RPP yang dinalisis memperoleh hasil persentase rata-rata diatas 75% maka komponen pada silabus dan RPP termasuk kategori baik.