Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika

Abstract

Cara pandang guru terhadap matematika akan berpengaruh terhadap cara pengajarannya. Calon guru sering menganggap bahwa belajar mata kuliah lanjutan pada perguruan tinggi tidak berguna bagi pengajaran mereka nantinya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang kompetensi apa saja yang dikembangkan dalam diri mahasiswa calon guru selama perkuliahan aljabar abstrak serta bagaimana pemahaman mahasiswa calon guru terhadap pentingnya belajar aljabar abstrak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Mahasiswa diminta untuk mengamati perkembangan kognitif dalam diri mereka dari setiap pengalaman belajar aljabar abstrak. Data dikumpulkan melalui angket, refleksi dan wawancara mahasiswa. Subjek penelitian sebanyak 90 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah aljabar Abstrak. Hasil penelitian diperoleh 1) Secara umum kompetensi matematik mahasiswa semakin berkembang setelah perkuliahan aljabar abstrak melalui pengalaman belajar mahasiswa, 2) Mahasiswa setuju bahwa mata kuliah aljabar abstrak relevan bagi mereka sebagai seorang pendidik di tingkat sekolah dikarenakan dengan belajar aljabar abstrak membuat mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi dan konsep-konsep matematika. Penelitian ini memberikan gambaran perlunya belajar konsep matematika yang kompleks bagi seorang calon guru.