Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTsN Kabupaten Kerinci

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan matematis yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajatan group invertigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Jenis penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Kerinci kecuali kelas unggul di MTsN Kemantan dan MTsN Air Hangat.Siswa kelas VIIID MTsNegeri Penawar dan siswa VIIID MTsNegeri Semerah masing-masing terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik sampel acak. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan masalah.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe group investigationlebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalahsiswa yang mengikuti pembelajaran biasa