Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matemaika dalam menyelesaikan soal-soal materi himpunan dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal materi himpunan. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga puluh satu orang yang diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Semester satu TA. 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak lima butir soal. Berdasarkan hasil penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan adalah data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan, selain dari 7 kategori yaitu mahasiswa tidak menjawab soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa adalah kesimpulan hilang sebesar 29,03%, data hilang sebesar 20,97% dan konflik level respon sebesar 17,74%. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi himpunan adalah mahasiswa belum paham dengan beberapa konsep bilangan, belum memahami operasi himpunan beserta simbolnya, dan belum mahirnya dalam membuktikan suatu pernyataan. Hal ini juga disebabkan mahasiswa malu bertanya di dalam kelas mengenai materi yang sebenarnya mereka telah pelajari sehingga mengakibatkan mahasiswa menjawab berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Kata kunci: Analisis, Kesalahan mahasiswa, Himpunan.