MENGIDENTIFIKASI VARIABEL KONSEP TAMAN RAMAH DIFABEL Studi Kasus : Taman Nostalgia Kota Kupang

Abstract

Abstract: Nostalgia Park is one of the efforts of the City of Kupang in fostering the enthusiasm of all City residents to create a culture of planting. The presence of this park is also the only park that has become a public space in the city of Kupang. The function of the City's public space is as a place for citizens to release the boredom of routine in life in the Cities. This place is not accessed by only a group of City residents, but it can be accessed as a whole including people with disabilities who have special abilities. In this study, researchers wanted to identify facilities and accessibility based on universal design principles as a variable concept of a park that is difable-friendly in Nostalgia parks. The method used is descriptive qualitative and then compared the existing data with the literature to determine the strengths and weaknesses of the facilities and accessibility of the Nostalgia park. The results of the analysis found that out of the 6 variable variables of the diffable-friendly concept there are 5 variables that have been applied to the Nostalgia park, but still do not meet the standard of application that is accessible and 1 variable that is not yet available at all.Key words: Variables, Park Concept, Diffable FriendlyAbstrak: Taman Nostalgia adalah salah satu upaya pemerintah Kota Kupang dalamĀ  menumbuhkan semangat seluruh warga Kota untuk menciptakan budaya menanam. Kehadiran taman ini juga menjadi satu-satunya taman yang menjadi ruang publik di Kota Kupang. Fungsi dari ruang publik Kota adalah sebagai tempat bagiĀ  warga masyarakat untuk melepaskan kebosanan akan rutinitas dalam kehidupan di Kota-Kota. Tempat ini tidak diakses oleh sekelompok warga Kota saja, tetapi dapat di akses secara menyeluruh termasuk kaum difabel yang memiliki kemampuan khusus. Dalam kajian ini, peneliti ingin mengidentifikasi fasilitas dan aksesibilitas berdasarkan prinsip desain universal sebagai variabel konsep taman yang ramah difabel pada taman Nostalgia. Metode yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif kemudian dikomparasikan data yang ada dengan literatur untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan fasilitas dan aksesibilitas taman Nostalgia. Hasil analisis ditemukan bahwa dari 6 variabel konsep ramah difabel terdapat 5 variabel yang sudah diterapkan pada taman Nostalgia, namun masih belum memenuhi standar penerapan yang aksesibel dan 1 variabel yang belum tersedia sama sekali.Kata kunci : Variabel, Konsep taman, Ramah difabel.