APAKAH CITRA MEREK DAN PELAYANAN MEMILIKI PENGARUH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KAFE RABBIDS KOTA PALOPO?

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah citra merek dan pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Kafe Rabbids Kota Palopo. Metode dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan Uji asumsi klasik, Uji F, Uji T, dan Uji koefesien determinasi. Serta dalam mengolah data menggunakan program SPSS versi 21. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 100 sampel responden dan dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh. Citra merek dan pelayanan berpengaruh secara positif. Pada hasil uji F diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (12,196 > 3,09) atau nilai signifikan 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa secara statistik variabel citra merek dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen. Di lihat dari uji T untuk variabel citra merek Thitung lebih kecil dari Ttabel (1,384 < 1,666) dengan nilai signifikan 0,169 dan untuk variabel pelayanan Thitung lebih besar dari Ttabel (4,942 > 1,666) dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil uji T dapat diketahui bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh secara signifikan sedangkan variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil uji koefesien determinasi sebesar 20%, hal ini menunjukkan bahwa variabel citra merek dan pelayanan memiliki kontribusi sebesar 20% terhadap minat beli konsumen pada Kafe Rabbids Kota Palopo, sedangkan sisanya 80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.