STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA PALOPO

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang strategi pengembangan  yang dilakukan  pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo dengan melihat  perspektif Ekonomi Islam. Dalam pengembangan UMKM ekonomi kreatif Di kota Palopo banyak hal-hal yang perlu di perhatikan pemerintah Kota Palopo dan para pelaku usaha itu sendiri sehingga pokok permasalahan yang di angkat membahas mengenai, Bagaimana gambaran umum UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo, bagaimana strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo serta bagaimana pandangan Islam tentang ekonomi kreatif.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gambaran umum UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo saat ini belum mampu memberikan predikat khusus bagi kota palopo karena mereka memiliki keterbatasan serta mengalami permasalahan dalam pengembangan usahanya. Permasalahan yang paling banyak dialami oleh pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo yakni permasalahan pada permodalan. 2) Strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo yang dilakukan para pelaku UMKM ekonomi kreatif yakni perlunya sinergi antara para pelaku UMKM, peningkatan kualitas produk dan pelayanan serta adanya dukungan penuh dari pihak pemerintah, swasta dalam meningkatkan permodalan. 3) Pandangan Islam terhadap ekonomi kreatif yakni usaha yang dilandasi dengan kreativitas dan inovasi dengan memperbaruhi sumber daya alam yang ada degan jalan perdagangan Al-Qur’an dengan jelas disebutkan bahwa perdagangan atau perniagaan dalam Al-Qur’an telah disebutkan perniagaan merupakan jalan yang diperintahkan oleh Allah Swt.