CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) KOTA PALOPO
Abstract
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan persaingan antara perusahaan pada sektor perbankansemakin ketat sehingga mendorong perusahaan perbankan untuk terus berupaya tidak hanya mendapatkan nasabah tetapi jugabagaimana mempertahankan nasabahnya. Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu upaya yang dapatditerapkan untuk membangun relasi yang kuat antar bank dan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhCustomer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah KantorCabang Pembantu (KCP) Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Kota Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian yaitu denganmembagikan kuesioner berupa pernyataan tertulis untuk memperoleh keterangan dari 96 responden yang menjadi sampelpenelitian. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan metode yaitu analisis regresi berganda danpengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS for windows Versi 20. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dalamuji simultan (Uji-F) menghasilkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 di simpulkan bahwa variabelCustomer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari identify, acquire, retain dan develop secara bersama-samaberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji parsial (Uji-T) diperoleh bahwa variabel identifydominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,821. Dengan demikian pihakBank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Palopo terus mengefektifkan penggunaandatabase nasabah untuk lebih mengenal dan mengetahui potensial nasabah terhadap peningkatan bank, meningkatkan mutupelayanan serta memanfaatkan perkembangan teknologi yang mampu menunjang kemudahan nasabah dalam bertransaksi.