Model Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa Melalui Infusi dalam Pembelajaran Psikologi Belajar Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  banyak sekali mahasiswa yang belum menunjukkan karakter  sesuai dengan yang diharapkan, masih banyak ditemui mahasiswa yang pintar tapi sombong, dan sebaliknya. Banyak mahasiswa yang tidak menghargai dosen bahkan ada mahasiswa yang justru menjelek-jelekkan dosen. Sering juga ditemui mahasiswa yang coumloude tapi susah mencari pekerjaan, itu karena hanya mementingkan kognitif saja tanpa memikirkan karakter yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan MPI semester III. Instrumen penelitiannya angket, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pre test dan pos test. Pengolahan dan analisis data ini dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Uji t. Diperoleh t hitung = 2.584  dan t table  =  2,16  pada taraf Alpha =  0,05 Oleh karna, t hitung lebih besar dari  t table ,maka disimpulkan bahwa karakter cerdas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pengembangan karakter cerdas melalui infusi dalam pembelajaran Psikologi belajar lebih tinggi dari pada karakter cerdas mahasiswa  yang tidak diberikan perlakuan. Dilihat dari hasil rata-rata pos test kelas eksperimen 201,76 dan post test kelas kontrol 193.00. maka terjadi peningkatan karakter cerdas mahasiswa kelompok eksperimen sebanyak sebanyak 8,76 %.