Pendidikan Karakter Berbasis Keislaman dan Keindonesiaan

Abstract

 Setiap manusia dilahirkan memiliki fitrah, agar manusia tetap berada pada fitrahnya dan potensi dasarnya yang suci berkembang optimal, maka dibutuhkan tarbiyah wa ta’lim atau proses pendidikan yang terencana dan berkelanjutan sesuai dengan tuntunan Islam. Ada lima nilai utama karakter yang menjadi sentral Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk diterapkan dan dikembangkan di sekolah, yaitu karakter religius, nasionalis, integritas, gotong-royong, dan mandiri. Pendidikan karakter harus dibangun di atas landasan keislaman dan keindonesiaan, secara total taat pada ajaran Islam dan berpihak pada bangsa Indonesia. Pendidikan karakter berbasis keislaman dilakukan secara optimal, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Mengoptimalkan pendidikan empat pilar kebangsaan dan menguatkan ruhaniyah guru efektif di samping loyalitasnya pada NKRI, merupakan bentuk pendidikan karakter berbasis keindonesiaan dan keislaman.