KORELASI KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL DENGAN KEKUATAN SPIRITUAL KEAGAMAAN SISWA MTsN PADANG TARAB DAN IMPLIKASI DALAM PELAYANAN KONSELING
Abstract
Tujuan pendidikan Nasional berdasarkan UU No.20 tahun 2003 menjelaskan pendidikan mengupayakan perwujudan suasana dan proses pembelajaran yang efektif diantaranya mengembangkan kekuatan spiritual keagamaan (KSK) dan kecerdasan. Output dari Tujuan pendidikan Nasional yakni mengintregasikan keilmuan, ketrampilan dan sikap. UU tersebut menunjukan secara tidak langsung adanya keterkaitan kecerdasan diantaranya kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan KSK. Fenomena di lapangan (observasi di MTsN Padang Tarab pra-penelitian) menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal, interpersonal dan KSK siswa mengalami dissingkronisasi dalam perkembangannya, dengan demikian penulis tertarik melakukan pendalaman kajian dan mengungkap fakta korelasi kecerdasan inrapersonal dan intrapersonal dengan KSK MTsN Padang Tarab.Penelitian bertujuan mengetahui kondisi kecerdasan intrapersonal, interpersonal dan KSK siswa, selanjutnya mengetahui korelasi kecerdasan interpersonal dengan KSK, korelasi kecerdasan intrapersonal dengan KSK siswa,dan korelasi kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan KSK siswa MTsN Padang Tarab.Populasi sebanyak 132 orang, dan sampe l35 orang responden.Hasil penelitian ditemukan kecerdasan interpersonal berkatagori sedang sebesar 31,4 %, kecerdasan intrapersonal berkatagori sedang sebesar 37% KSK siswa sebersar 34,2%. korelasi kecerdasan interpersonal dengan KSK siswa sebesar 54,2 %, korelasi kecerdasan interpersonal dengan KSK sebesar 69,1%, dan korelasi kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dengan KSK signifikan dengan indeks korelasi (Rxy) sebesar 0,728. Dari data tersebut mengintreprestasikan korelasi kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dengan KSK tinggi.