Profil Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi

Abstract

Mahasiswa sepanjang masa studinya di perguruan tinggi diharapkan untuk sukses dalam tiga hal, yaitu sukses akademik, sukses persiapan karir dan sukses sosial kemasyarakatan. Untuk mencapai ketiga sukses di atas mahasiswa harus memiliki motivasi, salah-satunya motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi berprestasi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester II dan IV berjumlah 73 Orang. Penulis menggunakan teknik total sampling dalam menentukan jumlah sampel. Jumlah sampel sebanyak 73 Orang. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengungkapkan motivasi berprestasi mahasiswa, dimana hasil data yang diperoleh dari responden diolah dan dikategorikan ke dalam 5 kriteria kategori yaitu sangat tinggi (ST), tinggi (T), sedang (S), rendah (R), dan sangat rendah (SR). Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: sebanyak 37 responden atau sebesar 51% memiliki motivasi berprestasi yang tinggi (T), 34 responden atau sebesar 46% memiliki motivasi berprestasi yang sangat tinggi (ST), dan sebanyak 2 responden atau sebesar 3% memiliki Motivasi berprestasi dalam kategori sedang (S). Apabila dilihat dari nilai persentase rata-rata secara keseluruhan motivasi berprestasi mahasiswa KPI berada pada kategori tinggi (T) dengan nilai persentase rata-rata sebesar 78.4%.