DAMPAK PLAY STATION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DAN UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASINYA DI SMP N 10 PADANG

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah banyak peserta didik yang hobi bermain play station, dengan hobinya tersebut banyak dampak negatif yang ditimbulkannya. Peserta didik banyak  berperilaku yang tidak ada kelembutan bahkan telah melakukan kekerasan. Ketika di luar kelas ada peserta didik yang berkelahi dengan temannya sampai melukai. Jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fakta dan realita secara aktual dan akurat mengenai keadaan di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan  wawancara. Hasil penelitian bahwa jenis game yang sering dimainkan oleh peserta didik antara lain sepak bola, naruto dan smack down. Bentuk perilaku  agresif yang ditimbulkan play station menyakiti atau merusak diri sendiri dan orang lain. Dampak play station terhadap perilaku agresif peserta didik adalah banyak peserta didik yang memiliki perilaku agresif sesudah main play tation. Sedangkan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik yang memiliki kecanduan play station dan perilaku agresif adalah memanggil ke ruangan BK untuk konseling individual.