PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 13 Garut, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor masih di bawah KKM yaitu sebesar 69,23. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model VAK pada materi suhu dan kalor  serta peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design, dengan desain pretest posttest control design.  Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 dan X MIA 5, setiap kelas berjumlah 37 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 87,43%  dan aktivitas siswa  81,80% % yang termasuk pada kategori sangat baik pada kelas kontrol aktivitas guru  74,35% dan aktivitas siswa 65,95%. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor pada berbagai ranah .Dengan demikian, model pembelajaran VAK dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.