PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERSI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
Abstract
Hasil studi pendahuluan di SMAN Jatinangor menunjukkan bahwa kurangnya minat baca dan kesulitan dalam memahami istilah fisika serta minimnya keinginan peserta didik untuk mencari hubungan pembelajaran fisika dengan lingkungan sekitarnya sehingga kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah. Rata-rata kemampuan literasi sains pada materi Gelombang Elektromagnetik ditunjukkan pada tes awal sebesar 34,36%. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi gelombang elektromagnetik adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap literasi sains peserta didik dan untuk mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttes Design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas X-2 dengan jumlah sampel 35 orang. Hasil dari penelitian: 1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terkategori baik dengna rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 89%. 2) Literasi sains peserta didik mengalami peningkatan diperoleh hasil Zhitung (4,86) > Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan literasi sains peserta didik dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,62 terkategori sedang.