Akuntansi 4.0: Belajar Transdisipliner Momong, Among, Ngemong

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengupdate kapabilitas terkait perkembangan peraturan dan teknologi 4.0 sebagai tujuan capaian pembelajaran akuntansi. Capaian yang lebih terbuka dan meluas, sistem jaringan belajar lintas disiplin, dan manajemen sumber belajar yang fleksibel dan terintegrasi.  Paradigma belajar yang menumbuhkan heutagogis dengan memberi pilihan dan peluang mendesain proses pembelajaran. Metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif melalui wawancara mendalam digunakan dalam penelitian ini. Hasil menjelaskan desain pendidikan akuntansi 4.0 yang menumbuhkan konvergensi ilmu pengetahuan akuntansi dan teknologi. Konvergensi yang  membuat pengembangan akuntansi adaptif Proses ini memberi keleluasaan secara berkelanjutan pada belajar akuntansi transdisipliner yang dijiwai oleh momong, among dan ngemong. Mengapa demikian? Karena konsep momong, among dan ngemong mengedepankan pedagogi egalitarian yang dinamis dan fleksibel untuk mengeksplorasi mahasiswa secara kreatif, mandiri dan bertanggung jawab. Bukankah ini wujud integrasi cyber dan physical sistem sebagai ciri yang bernama 4.0?