HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA MTsN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada remaja di MTsN Pitalah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Correlation Product Moment Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelas VII MTsN Pitalah berjumlah 190 orang dengan sampel sebanyak 128 siswa. Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang berpedoman pada skala Likert, dengan menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data penelitian menunjukkan (1) Remaja di MTsN Pitalah memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, yaitu sebanyak 64 orang atau 50% dan rendah yaitu sebanyak 64 orang atau 50% (2) Tingkat penyesuaian diri remaja di MTsN Pitalah memiliki penyesuaian diri yang tinggi sebanyak 64 orang atau 50% dan rendah sebanyak 64 orang atau 50%, dan (3) Hasil analisis data menunjukkan nilai Pearson Correlation sebesar rxy= 0,788 > 0,174 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diriĀ  remaja di MTsN Pitalah.