APAKAH MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM BAHAGIA? GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN RASCH

Abstract

Psikologi Islam (PI) merupakan salah satu jurusan yang masih baru di indonesia. Banyak tantangan yang dihadapi sejak berdiri. Tantangan tersebut dapat menjadi stressor bagi mahasiswa yang dapat berdampak pada kebahagiaan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kebahagiaan mahasiswa PI dengan menggunakan pemodelan Rasch. Teori psychological well-being (PWB) dari teori Ryff (1989) yang terdiri dari 6 dimensi digunakan untuk melihat kebahagiaan mahasiswa pada penelitian ini. Dari ke enam dimensi tersebut dirancang kondisi-kondisi tertentu yang harus direspon oleh mahasiswa dari tingkat mudah sampai sulit dengan respon semantic differensial. Sebanyak 193 responden dengan umur 19 tahun dengan range 17 sampai 23 tahun ikut terlibat dalam penelitian ini. Hasilnya estimasi Rasch menunjukkan sebagian besar mahasiswa Psikologi Islam memiliki kebahagiaan yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai logit responden dibandingkan logit aitem untuk semua dimensi PWB. Dimensi PWB yang sulit dihadapi oleh mahasiswa PI adalah penerimaan diri terutama menerima pengalaman buruk dari masa lalu. Dimensi yang paling mudah dihadapi oleh mahasiswa PI adalah relasi yang positif terutama menikmati bercerita dengan teman. Tidak ada perbedaan ke enam dimensi PWB berdasarkan jenis kelamin. Mahasiswa yang ikut organisasi memiliki penerimaan diri, perkembangan pribadi dan tujuan hidup lebih baik dibandingkan mereka yang tidak ikut organisai. Mahasiswa semester 5 memiliki perkembangan pribadi, penguasaan lingkungan dan autonomi yang baik.