PENGEMBANGAN BUKU TEKS MITIGASI BENCANA PADA MATERI ERUPSI GUNUNG API DI SDN PENATARAN 01 KABUPATEN BLITAR

Abstract

Dalam mata pelajaran IPA di tingkat sekolah dasar dapat dikenalkan konsep bencana geologi, seperti mitigasi bencana yaitu bencana erupsi gunung api. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi dan penyajian materi mitigasi bencana erupsi gunung api. Selain itu tujuan pengembangan buku teks digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga langkah, yaitu: Define, Design, Develop. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kelayakan isi dan penyajian buku dengan materi mitigasi bencana erupsi gunung api untuk kelas V (lima) setelah melalui serangkaian proses validasi ahli materi, penyajian, kebahasaan, kegrafikan, uji coba terbatas, dan hasil uji coba lapangan diperoleh hasil dengan kategori sangat baik. Tingkat pemahaman siswa terhadap materi dapat dilihat dari aspek kognitif dan afektif siswa. Berdasarkan hasil kerja siswa pada lembar post test, nilai rata–rata yang diperoleh siswa yakni 82,25. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa dalam belajar tentang mitigasi bencana erupsi gunung api telah tuntas. Sikap ilmiah siswa yang dominan yaitu ingin tahu, mendapatkan sesuatu yang baru dan kerjasama. Sikap ilmiah tersebut tercermin dari aktivitas siswa yang tertarik untuk mengulang–ulang percobaan dan kompak, serta dapat bekerjasama dengan baik bersama teman kelompok