PENGARUH KOORDINASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI UIN SUSKA RIAU
Abstract
Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi disusun dengan sebuah struktur organisasi yang pada umumnya memiliki hierarki. Hierarki ini bertujuan untuk mengatur garis perintah dan tanggung jawab di dalam organisasi tersebut. Untuk mencapainya diperlukan koordinasi. UIN Suska Riau merupakan organisasi pendidikan yang tertata rapi dan memiliki struktur kerja yang sudah teradministrasi. Untuk mencapai tujuan organisasi mengharuskan pegawai nya terkoordinasi dalam tata aturan yang mesti ditaati. Organisasi dan Tata Kerja UIN Suska tertuang dalam Peraturan Menteri Agama RI nomor 56 tahun 2006 dan Keputusan Senat UIN Suska Riau Nomor UN. 04/Senat-Univ/75.00.9/27/2010. Proses koordinasi seperti sulitnya mengatur pegawai dan ketidaksamaan keinginan antara atasan dan pegawai itu sendiri harus diatasi dengan cara memberikan pengetahuan tentang keorganisasian dan pelaksanaan kerja, sehingga efektifitas kerja dapat tercapai dengan baik karena prinsip koordinasi adalah membagi-bagi pekerjaan atas bagian-bagian.