Implementasi Metode Inquiry dan Hypnosis Perspektif Pendidikan Islam Klasik (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode inquiry dan hypnosis sebagai metode pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo dalam perspektif Pendidikan Islam Klasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inquiry memiliki banyak keunggulan baik di ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode inquiry sepadan dengan metode diskusi dan rihlah dalam perspektif pendidikan Islam klasik. Sedangkan metode hypnosis hanya efektif diranah kognitif karena metode ini siswa dapat lebih cepat untuk memahami materi yang disampaikan guru. Dengan metode hypnosis suasana kelas lebih kondusif dan lebih tenang. Meskipun demikian, metode hypnosis tidak dikenal dalam konsep pendidikan Islam klasik. Tetapi penerapannya tidak bertentangan dengan konsep pendidikan Islam klasik karena metode hypnosis digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan tidak ada unsur magis didalamnya.