Pendidikan Pemilih sebagai Metode Meningkatkan Partisipasi dan Keterampilan Pemilih Pemula Menggunakan Hak Pilihnya dalam Pemilu
Abstract
Artikel ini diolah dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Pokok bahasannya tentang pendidikan pemilih terhadap pemilih pemula. Dilatarbelakangi oleh fenomena beberapa negara demokrasi dalam tahun-tahun terakhir yang menunjukkan semakin menurunnya partisipasi pemilih. Dalam usaha merespon fenomena tersebut, pengabdian ini memiliki dua tujuan. Pertama, meningkatkan pengetahuan siswa/siswi tentang kepemiluan dalam sistem demokrasi di Indonesia. Kedua, meningkatkan keterampilan siswa/siswi dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu. Muatan materi yang diberikan ada tiga aspek, yakni; (1) pemilu dan demokrasi; (2) sistem pemilu; (3) praktik pemilu di Indonesia. Hasil pengabdian memperlihatkan adanya perubahan pemahaman siswa/siswi tentang pemilu sekaligus perubahan sikap mereka terhadap isu golput. Kata