HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 2 KOTA BOGOR

Abstract

Orang tua dan anak adalah satu ikatan jiwa dalam keterpisahan raga, peran orang tua sangatlah penting bagi para anak, Maka orang tua adalah pendidik pertama dan utama dan akan menjadi model yang ditiru, diteladani akhlak atau perilaku oleh anaknya. Karena anak sangat mudah meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Adapun tujuan penelitian agar mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa-siswi, dan mengetahui kepribadian siswa dalam penyalahgunaan media soisal terhadap siswa-siswi, serta mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial di SMAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment dan kolerasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan pola asuh orang tua dan kepribadian siswa tergolong tinggi serta penyalahgunaan media sosial tergolong sedang. Hipotesis menunjukkan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial nilai (Sig 2 tailed) product moment dan Sig F change kolerasi ganda adalah sama-sama 0,000 dapat disimpulkan ada hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial secara simultan  karena  Sig F Change 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dengan kepribadian siswa (X2) dan penyalahgunaan media sosial (Y).