PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN SISTEM SKS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH
Abstract
Guru dituntut memiliki kemampuan yang lengkap dan kinerja yang baik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru yang efektif melalui penilaian system SKS yang dilakukan oleh pengawas sekolah sebagai supervisi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMA Smart Ekselensia Kabupaten Bogor tempat peneliti sabagai Pengawas Pembina Tahun Pelajaran 2018-2019. Penilaian melalui penugasan, pengamatan, dan/atau portofolio, serta pengembangan diri dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penilaian yang dirancang dan dikembangkan oleh guru/kelompok MGMPS di sekolah. Dalam analisis data teknik yang digunakan, pertama, kuantitatif ini digunakan untuk menghitung besarnya peningkatan kinerja guru dalam menerapkan penilaian hasil belajar sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas dengan menggunakan prosentase (%). Dan kedua, kualitatif, ini digunakan untuk memberikan gambaran hasil penelitian secara: reduksi data, sajian deskriptif, dan penarikan simpulan