PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK MELALUI MANAJEMEN WAKTU (TIME MANAGEMENT) DAN MINAT BELAJAR
Abstract
Upaya peningkatan untuk mencapai prestasi akademik yang memuaskan tidak hanya melakukan pemenuhan pada aspek input dan output saja, namun yang lebih penting adalah aspek proses, yang dimaksud adalah pengelaan waktu, proses belajar mengajar dan proses monitoring dan evaluasi dengan catatan bahwa proses belajar mengajar memiliki tingkat kepentingan tertinggi dibandingkan dengan proses-proses yang lain. Jika proses pendidikan di lembaga pendidikan benar, maka tujuan pendidikan akan tercapai. Jika proses pendidikan tidak benar, akan sulit untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses pendidikan yang tepat akan dilakukan oleh dosen yang meningkatkan prestasi mahasiswa disetiap lembaga. Kualitas kemampuan dalam hal manajemen waktu akan meningkat ketika dosen atau pendidik mengedepankan kedisiplinan mahasiswa untuk pengembangan karir. Menyadari pentingnya manajemen waktu dan minat belajar yang mendukung pengembangan prestasi akademik mahasiswa dan menjadi eksistensi yang mutlak. Rendahnya prestasi akademik mahasiswa di Indonesia pada umumnya sebenarnya merupakan diskusi yang telah lama ada. Namun hingga saat ini permasalahn prestasi akademik tidak juga kunjung selesai. Pendidikan yang berkualitas merupakan harapan dan tuntutan seluruh stakeholder pendidikan. Semua orang tentunya akan lebih suka menntut ilmu pada lembaga yang memiliki tingkat prestasi akademik yang tinggi. Atas dasar ini maka sekolah/ lembaga pendidikan harus dapat memberikan keyakinan kepada para stakholder bahwa lembaganya berkualitas Dari berbagai pandangan, kriteria serta indikator yang dapat kita ambil bahwa prestasi akademik mahasiswa dapat ditingkatkan apabila mahasiswa memiliki 1) ranah psikomotorik, 2) ranah afektif, ranah kongnitif.. Implementasi manajemen waktu dan minat belajar dalam peningkatan prestasi akademik merupakan sebuah solusi nyata yang menjadi harapan agar dapat mengelola indikator prestasi akademik untuk saling bersinergi dalam upaya peningkatan prestasi akademik mahasiswa.