PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK RAUDHATUL ATHFAL

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran sains pada anak raudhatul atfhal mulai dengan mengenalkan hakikat sains, pengenalan sains pada anak, peran otak anak, tujuan pembelajaran sains, pendekatan pembelajaran sains, dan materi-materi sains bagi anak raudhatul athfal. Pengenalan sains pada anak TK/RA lebih menekankan pada proses melalui metode ilmiah yang meliputi observasi, problem solving, melakukan percobaan, analisa data, serta mengambil kesimpulan. Sains juga mengembangkan kemampuan spiritual, observasi, klasifikasi, pengukuran, menggunakan bilangan, rasa empati, dan intrapersonal anak. Tujuan pembelajaran sains pada anak raudhatul athfal mengembangkan asepk kognitif, afektif, dan psikomotor anak secara utuh. Pendekatan pembelajaran sains yang dapat dijadikan pedoman dalam mengembangkan pembelajaran sains pada anak meliputi: pendekatan situasional, pendekatan terpisah, dan pendekatan terpadu. Beberapa materi yang dapat memberikan pengalaman tangan pertama (first-hand experience) antara lain: mengenal gerak, mengenal benda cair, mengenal timbangan (neraca), bermain gelembung sabun, mengenal benda-benda lenting, dan mengenal binatang.