IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA DAARUL MUQIMIEN BUARAN JATI SUKADIRI TANGERANG)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus di RA Daarul Muqimien, Desa Buaran Jati, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RA Daarul Muqimien menyelenggarakan proses pembelajaran pendidikan karakter melalui: Pertama, pembelajaran berbasis kasih sayang; Kedua, pembelajaran berbasis ketauhidan, Ketiga pembelajaran berbasis kreativitas; Keempat, Pembelajaran berbasis kemandirian. Adapun metode yang digunakan dalam rangka pendidikan karakter adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bercerita, dan metode karyawisata.