PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI METODE PROYEK DAN MEDIA BUNGKUS MAKANAN DAN MINUMAN RINGAN PADA KELAS B DI RA RIYADUL FATA TEMBONGRAJA KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ketidakmampuan anak dalam mengenal lambang huruf melalui metode proyek dan media bungkus makanan dan minuman ringan pada kelas B di RA Riyadul Fata Tembongraja kecamatan Salem kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Hasil dari siklus I dalam penelitian ini adalah ditemukan beberapa siswa yang kurang aktif dan kurang memperhatikan pada saat kegiatan mengenal lambang huruf namun pada akhirnya dapat menyelesaikan kegiatannya dengan bantuan dari guru. Dari 15 siswa, masih ada 4 siswa yang belum bisa mengenal lambang huruf. Sisanya 11 siswa sudah mampu mengenal lambang huruf dengan baik. Kemudian Hasil dari siklus II adalah telah terjadi peningkatan kemampuan mengenal lambang huruf pada siswa. Dari 15 siswa, hanya 1 saja yang belum mampu mengenal lambang huruf dengan baik. Sisanya 10 siswa berkembang sangat baik dan 4 siswa berkembang sesuai harapan. Secara keseluruhan 14 siswa sudah mampu mengenal lambang huruf dengan baik.