PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PROYEK DENGAN MEDIA KARTU PINTAR SISWA TK PERTIWI BANTERAN KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui metode proyek dengan media kartu pintar pada anak TK Pertiwi Banteran yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antar peneliti, supervisor 2, penilai dan guru kelas serta kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dan diklasifikasi menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilaksanakan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan secara berkelompok dan peneliti menggunakan metode proyek dan media kartu pintar. Pada siklus II pembelajaran dilakukan secara individual dan tetap menekankan penggunaan metode proyek dengan media kartu pintar. Penelitian ini diadakan dengan harapan melalui metode proyek dengan media kartu pintar dapat meningkatakan kemampuan kognitif siswa dalam kegiatan mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberhasilan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui metode proyek dengan media kartu pintar di TK Pertiwi Banteran sebelum tindakan adalah 27%, pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat dengan signifikan menjadi 93%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan mengenal lambang bilangan melalui metode proyek dengan media kartu pintar dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa TK Pertiwi Banteran. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu pintar yang membuat siswa tertarik dan minat belajar anak meningkat. Sedangkan faktor penghambatnya ialah mudah rusak dan sobeknya kartu pintaryang di pakai oleh anak maka dari itu anak harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Kesimpulan dari peneliti adalah penggunanaan metode proyek dengan media kartu pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak.