PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI METODE PROYEK DAN MEDIA BUNGKUS AJAIB PADA KELAS B2 DI TK PERTIWI II BANTERAN KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf dengan metode proyek dan media bungkus ajaib pada kelas B2 TK Pertiwi II Banteran Kecamatan Kabupaten Banyumas yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada pelaksanaannya ada 2 siklus. Siklus ke-1 dilaksanakan 5 hari pada tanggal 24, 25, 26, 27, dan 28 September 2018, penekanan pada kemampuan mengenal lambang huruf dengan metode proyek dan media bungkus ajaib secara berkelompok. Pada siklus ke-2 dilaksanakan 5 hari pada tanggal 01, 02, 03, 04, dan 05 Oktober 2018, penekanan pada kemampuan kemampuan mengenal lambang huruf dengan metode proyek dan media bungkus ajaib secara individu. Dari hasil pencapaian kemampuan menunjukkan adanya peningkatan pada indikator keberhasilan karena telah mencapai 62% dari jumlah kelompok yang mendapat skala penilaian BSH dan BSB. Sedangkan di siklus ke-2 hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf telah mencapai 92% dari jumlah di kelas yang memperoleh BSH dan BSB. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu melebihi dari 80% maka penelitian ini dinyatakan berhasil.