Analisis Pemasaran pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru
Abstract
Perkembangan pegadaian syariah di Pekanbaru semakin signifikan, bahkan kantor unit pelayanan syariah dari pegadaian syariah dengan mudah dapat dijumpai di berbagai sudut kota Pekanbaru. Hal ini tentulah ditunjang oleh strategi-strategi pemasaran yang jitu. Selain itu, pegadaian syariah juga sebaiknya tidak melupakan karakteristik pemasaran syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru dilihat dari konsep bauran pemasaran (marketing mix) dan untuk mengetahui tingkat penerapan karakteristik pemasaran syariah di PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah nasabah dan karyawan PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dan karyawan PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru berjumlah 2.310 orang, sedangkan karyawan PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru berjumlah 9 orang. Sampel untuk populasi nasabah berjumlah 96 orang, diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Sedangkan sampel untuk populasi karyawan diambil dari seluruh karyawan yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: a) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru berjalan dengan sangat baik, karena nilai Persentase (P) berada pada interval 81% – 100%, yaitu 83%. b) Penerapan karakteristik pemasaran syariah pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru berjalan dengan sangat baik, karena nilai Persentase (P) berada pada interval 81% – 100%, yaitu 98%.