Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penanganan tentang promosi makalan halal di Kota Teipei. Pembahasan tentang makanan halal merupakan bagian penting dari pembahasan kesehatan. Kehalalan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia menjadi salah satu perintah syari’at yang wajib diikuti oleh setiap manusia sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an. Guna menjacapai tujuan penelitian, digunakan metode kualitatif-deskriptif dengan analisis model Spradley, yaitu: setelah menentukan standart makanan dan minuman halal, kemudian dilanjutkan menginventarisir tempat makan halal di Kota Teipei dan melihat konsep makanan halal di lokasi dan kemudian menggali informasi promosi makalan halal di Kota Teipei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data beragam, meliputi: metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Halal food merupakan nilai dan norma yang terdapat dalam Hukum Islam terutama yang sangat erat hubungannya dengan perlindungan konsumen, Labelisasi halal sendiri di Kota Taipei Taiwan di keluarkan oleh Taiwan Halal Integrity Development Association (THIDA), Taipei Grand Mosque, CMA dan perorangan muslim. Oleh karena itulah maka diperlukan kajian pemasaran makanan halal di Kota Taipei Taiwan yang implikasinya tidak hanya memudahkan warga Muslim mendapatkan konsumsi halal, namun juga peluang untuk membuka usaha makanan halal yang baru. Sehingga, tujuan dan fokus penelitian ini adalah untuk melihat potensi dan konsep makanan halal serta model promosinya di Kota Taipei Taiwan.