دور معمل القراءة في ترقية فهم المقرؤ لدى الطلاب في المرحلة الجامعية

Abstract

Berdasarkan observasi ketika mengajar beberapa mata kuliah yang berbahasa arab di jurusan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh didapatkan bahwa, masih banyak mahasiswa yang belum mampu memahami bacaan teks dalam bahasa Arab dengan baik dan benar, baik dari segi kaidah nahwu dan sharah ataupun memahami maksud yang diinginkan oleh sebuah teks, hal ini menjadi masalah besar bagi mahasiswa jurusan bahasa arab kedepan karena, hampir semua mata kuliah di jurusan disajikan dengan bahan berbahasa arab. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini penulis menawarkan sebuah media pengajaran dalam ketrampilan membaca bahasa Arab yaitu laboratorium membaca (ma’mal qiraah). Laboratorium membaca ini terdapat di dalamnya berbagai bacaan singkat dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut dalam upaya mengetahui penguasan dan peningkatan terhadap kemampuan bacaan mahasiswa.