مهارة القراءة وأثرها في تعلم الكتب العربية التراثية لغير الناطقين بها

Abstract

Bahasa Arab terdiri dari empat kemahiran yaitu kemahiran mendengar dan berbicara، membaca dan menulis. Membaca  adalah proses akal yang mencakup penafsiran simbul-simbul tertulis yang dibaca oleh pembaca melalui matanya untuk memahami makna bacaan. Kemahiran membaca dianggap salah satu kemahiran bahasa yang paling penting untuk pelajar bahasa Arab، karena tujuan membaca adalah membekali pelajar dengan kemampuan  mengakomodasi teks Arab dengan memahami makna bacaan sebagai kunci untuk mendapatkan pemahaman Al-Qur'an dan Hadis dan kitab-kitab warisan Islam Arab yang berupa ilmu agama dan ilmu bahasa Arab. Pelajar yang membaca serta memahami teks bacaannya akan menjadi  sukses dalam pekerjaan dan kehidupan serta studinya. Pelajar yang mampu membaca akan mendapatkan lebih tinggi akademik، dan pelajar yang lemah dalam membaca akan menyebabkan keterbelakangan studinya. Dan hasil dari semua ini adalah membaca adalah salah satu kemahiran yang fokus pada pengajaran program bahasa Arab untuk non-penutur asli karena dengannya para pelajar mampu membaca serta memahami berbagai teks bahasa Arab berbagai kitab turas Arab dari disiplin ilmu agama dan ilmu bahasa Arab dengan baik dan kemajuan belajar serta mendapatkan kemahirannya lainnya.