KONSEP SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Upaya Meningkatkan Produktivitas, Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran)

Abstract

Dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi lebih banyak didominasi oleh dosen (teacher center), sehingga aktivitas dan kreativitas mahasiswa terbelenggu dan tidak berkembang. Oleh karena itu harus berubah menjadi proses pembelajaran yang banyak melibatkan mahasiswa (student center), sehingga potensi dan kreativitas mahasiswa dapat berkembang.Untuk itu sangat dituntut munculnya kreativitas untuk merancang strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih kreatif, produktif dan inovatif, yaitu dengan menerapkan scientific approach (pendekatan ilmiah).Pendekatan pembelajaran ini berpengaruh secara langsung terhadap aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa.Proses pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan ilmiah ini menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran ini harus terhindar dari sifat-sifat atau nilai-nilai non-ilmiah. Oleh karena itu, strategi atau model pembelajaran bahasa Arab berbasis ilmiah harus lebih ditekankan pada aspek sikap ilmiah yang dibaringi dengan aktivitas akademik kognitif baik secara individu maupun kolektif, dan pada akhirnya akan mewujudkan suatu keterampilan (skill) yang komprehensif dan profesional. Model pembelajaran bahasa Arab komunikatif-elektif, komunikatif-koperatif,komunikatif-kontekstual,komunikatif-quantum,dan problem solving dapat dijadikan sebagai model utama dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih berkualitas dan dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menguasai dan mengembangkan bahasa Arab secara individual dan kolektif.