على التلاميذ بمعهد دار العلوم العصري بندا أتشيه (Animasi) ترقية تعليم مهارة الكلام بالرسوم المتحركة

Abstract

Bahwasanya Maharah kalam merupakan bagian maharah yang sangat diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh dimana menganjurkan pelajar untuk selalu berbicara dengan bahasa tersebut di setiap harinya baik di ruang kelas maupun di luar. Berdasarkan pada observasi Penulis, terdapat banyak pelajar yang tidak mampu untuk berbicara atau berkomunikasi dalam Bahasa Arab, sebagian mereka merasakan jenuh dan bosan untuk belajar Bahasa Arab disebabkan Media pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan proses belajar mengajar, sebagian yang lain tidak berlatih menggunakan bahasa Arab di kesehariannya. Berangkat dari sinilah Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan media Animasi untuk meningkatan pembelajaran maharah kalam di pesantren tersebut. Dalam penulisan makalah ini penulis mengikuti pendekatan penelitian tindakan, yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun tujuan penulisan Tesis ini yaitu Peningkatan pembelajaran maharah kalam untuk para pelajar dengan penggunakan media Animasi, untuk mengetahui bagaimana keberlangsungan Animasi dalam pembelajaran Maharah kalam dan untuk mengetahui keefektifan media Animasi dalam meningkatkan pembelajaran maharah kalam pada pelajar. Dan hasil penelitian ini menyatakan bahwa keberlangsungan proses pembelajaran dengan media Animasi sangat efektif dalam peningkatan semua kemahiran bahasa terutama sekali dalam peningkatan maharah kalam, dan kesuksesan pelajar dalam meningkatkan kemampuan maharah mereka tersebut menempati tingkatan sangat baik sekali dimana pelajar berhasil memperoleh nilai yang sangat baik sekali, dan mereka merasa senang dengan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran.