DINAMIKA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB; ANTARA TEORI DAN PRAKTEK

Abstract

Perkembangan bahasa Arab di negara Timur Tengah terus berkembang sesuai dengan perkembangan kebudayaan, sehingga Bahasa Arab terbagi atas beberapa corak. Akibatnya siswa Indonesia yang ingin meneruskan studinya ke negara Timur Tengah akan menghadapi berbagai kesulitan. Inilah salah satu sebab kenapa tidak banyak mahasiswa Indonesia memperoleh ijazah stara dua dan tiga dari berbagai universitas di Timur Tengah. Sementara itu, juga terdapar dinamika perbedaan bentuk pengajaran bahasa Arab dalam lingkungan lembaga pendidikan di Indonesia. Seperti bentuk pengajaran bahasa Arab di dayah/pesantren terfokus pemahaman teks kitab klasik, sementara di madrasah dilakukan dengan bahasa Indonesia dan di dayah modern, terintegrasi pada empat aspek kemahiran bahasa. Untuk mengatasi kesulitan bagi siswa atau mahasiswa khususnya siswa atau mahasiswa Indonesia dalam belejar dan menguasai bahasa Arab, maka ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh unsur-unsur utama pendidikan, seperti tenaga pendidik, pimpinan, siswa, dan stakeholdern, yaitu pembaharuan metode pembelajaran bahas Arab dengan memadukan empat kermahiran berbahasa, bobot pengajaran mata pelajaran bahasa Arab perlu ditambah, materi yang diajarkan harus selalu disesuaikan dengan perkembangan bahasa Arab di negara Timur Tengah, mengelola lingkungan bahasa Arab yang kondusif.