PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN AL-QUR'AN DIGITAL

Abstract

Pada akhir Agustus 2016, Kementerian Agama, dalam hal ini Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, meluncurkan produk Al-Qur'an digital bernama âal-Qur'an Kemenag. Saat ini hanya ada 25.000 lebih pengguna aktif. Penelitilan ini ingin mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi preferensi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Qur'an Kemenag. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan (mixed method), yaitu kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat muslim pemilik smartphone dan pengguna Al-Qur'an digital. Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling, dilakukan di 14 kota di Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 50 orang setiap kota, dan 3 orang informan untuk wawancara mendalam. Penelitian ini memperlihatkan bahwa Qur'an Kemenag tidak banyak digunakan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Mereka lebih banyak menggunakan aplikasi Al-Qur'an digital yang dikembangkan oleh pihak lain. Faktor yang memengaruhi preferensi masyarakat untuk menggunakan suatu aplikasi Al-Qur'an digital adalah fasilitas fitur dan kelengkapan konten. Di samping itu, fasilitas yang diberikan tidak semata-mata Al-Qur'an, tetapi dapat multifungsi. Kata kunci Qur'an digital, aplikasi Qur'an Kemenag, aplikasi Al-Qur'an.