MEDIA TELEVISI SEBAGAI AGEN SOSIALISASI DALAM AKSI 212 DAMAI

Abstract

Peran media televisi sebagai sebagai Agen Sosialisasi kepada masyarakat di Indonesia yaitu berperan sebagai media massa yang bersifat memberikan informasi, memberikan edukasi dan juga media masaa yang bersifat mempengaruhi. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat dilakukan dengan cara menayangkan berita melalui program berita seperti Metro Pagi, Top News, Metro Malam, Headline News, Kabar petang, dan Kabar hari ini. Televisi diindentifikasikan sebagai media sosialisasi yang berpengaruh pula terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesan yang ditayangkan melalui televisi, dapat mengarahkan masyarakat kearah perilaku proposial yang merupakan tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu dan menguntungkan individu atau kelompok individu.Maraknya aksi bela Islam 212 di Indonesia adalah merupakan salah satu wujud dari sosialisasi media televisi dalam pemberitaan. Tuduhan media dan segelintir orang yang memprediksi aksi ini dengan pelbagai sentimen negatif lagi-lagi tidak terbukti. Namun ada media yang tidak terlepas dari pemelintiran pemberitaan yang membuat masyarakat semakin cerdas dalam memilih program tayangan televisi